Cara Percaya Diri dengan Mengetahui Kekurangan dan Kelebihan Diri

Siapa yang suka galauin diri sendiri? Jangan anggap hal ini sebuah kelemahan dalam diri ya. Kontemplasi diri itu penting untuk mengubah diri kita menjadi lebih baik. Ada 2 pertanyaan yang sering ada di pikiran ketika kita mau tahu sejauh mana kemampuan kita dalam mengejar mimpi.

 

Apa kekurangan yang kamu miliki?

Apa kelebihan yang kamu punya?

 

Mungkin beberapa di antara kita nggak mikir panjang buat menjawab pertanyaan apa kekurangan diri kita. Kalau ditulis pun hasilnya bisa jadi ada 100-an lebih kali ya?  Coba deh kita tanya lagi “apa kelebihan yang kamu miliki”. Susah buat deskripsiinnya? Atau kamu sendiri tahu, tapi ragu buat ngakuinnya? Ini nih yang bahaya. Seringnya kita terlalu fokus sama apa aja kesalahan dan kekurangan diri. Secara nggak langsung hal ini bisa menanamkan mindset diri kalau kita nggak bisa melakukan sesuatu dalam #KejarMimpi.

 

 

Kenapa kita cenderung susah mendeskripsikan kelebihan diri sendiri?

 

Kadang tanpa disadari, orang lain lebih tahu apa yang menjadi kelebihan kita. Bisa jadi karena kita terlalu fokus mencari apa kekurangan kita. Bahkan, seringnya kita dengan mudah membandingkan pencapaian diri dengan orang lain. Ujung-ujungnya kita minder sama kemampuan orang lain. Bukannya berusaha meningkatkan kemampuan diri, tapi kamu malah terjerumus di pikiran sendiri yang menganggap kamu nggak bisa apa-apa. Secara nggak langsung ini nih yang membuat kita jadi kurang mencintai diri sendiri. Kalau kamu masih seperti ini, coba cek artikel Kejar Mimpi tentang cara nyaman menjadi diri sendiri.

 

Kelebihan dan kekurangan diri kita seringkali diibaratkan sebagai dua sisi mata pisau yang sama. Misalnya, dalam bekerja kita sangat mengutamakan detail sehingga sifat teliti menjadi kelebihan kita. Tapi ketelitian ini bisa jadi kekurangan juga jika kita terlalu terjebak dalam detail hingga akhirnya melihat semua harus sempurna. Untuk kasus ini sebenarnya nggak masalah, asalkan kita tahu bagaimana mengontrol kekurangan menjadi kekuatan kita.

 

 

Knowing your weaknesses is as important as knowing your strengths.

 

Sebenarnya nggak ada yang salah untuk mengakui kekurangan diri sendiri. Apalagi hal ini penting ketika kita mulai berkarir dan mengejar mimpi kita. Kalau kekurangan itu kamu coba tutupi, kamu akan merasa terbatas dalam proses mengejar mimpi pencapaian hidupmu. Apa yang kamu hasilkan saat bekerja pun juga nggak akan maksimal. Coba deh lihat kekurangan dari sudut pandang bahwa it can help you become a better version of yourself. Setelah kita tahu apa kekurangan kita, langsung cari solusi bagaimana menghadapinya. Dengan begini, kita juga semakin termotivasi untuk meningkatkan lagi potensi diri.

 

Mimin nggak akan bosen ngingetin kalau nggak ada manusia yang sempurna, bahkan Mark Zuckerberg pun bisa mencapai kesuksesan bukan sejak dia lahir. Pasti ada waktu dan proses untuk menuju pencapaian itu. Tinggal bagaimana kita berani mencoba untuk menghadapi kemungkinan gagal di setiap langkah kita. Percaya deh, kita akan semakin tahu mengenal diri kita lebih dalam dan tahu bagaimana solusinya.

 

 

Bagaimana cara kita mengenal kelebihan dan kekurangan dalam diri kita?

 

1. Embrace Your Weakness

Memahami bahwa setiap orang berbeda, dan memahami bagaimana diri kamu berbeda, adalah langkah awal untuk mengenal diri sendiri. Cobalah untuk menerima dan memahami apa yang menjadi kekurangan diri. Tulis daftar kekurangan dan kelebihanmu. Tanya pada dirimu, apakah kamu mau mengubah sifat yang menjadi kekuranganmu? Untuk kelebihanmu, tingkatkan lagi potensimu dengan rendah hati.

 

2. Mulai menulis jurnal

Menuli diary atau jurnal mungkin kesannya terlalu kekanakan bagi kita. Tapi menulis jurnal membantu kita lebih mengenal diri sendiri. Siapkan satu buku khusus untuk jurnal kamu dan hanya kamu yang bisa baca. Lalu rutinkan setiap hari untuk mencatat apa yang kamu syukuri, apa yang kamu pelajari dan apa yang mau kamu ubah di esok hari. Bebaskan diri untuk bercerita pengalaman seru hari itu.

 

3. Mulai melakukan sesuatu untuk diri sendiri

Luangkan waktu khusus untuk aktivitas diri sendiri maupun hobimu. Misal ikut kegiatan di #KejarMimpi dengan menjadi volunteer. Kalau kamu bisa mengerjakan satu hal dengan hasil yang memuaskan, itu bisa jadi kelebihanmu. Kalau kamu merasa kesulitan dan menimbulkan masalah, bisa jadi itu kekuranganmu. Tapi bukan berarti kamu menyerah ya! Kamu bisa memperbaikinya dengan kelebihan yang kamu punya atau nggak ada salahnya juga minta bantuan teman.

 

4. Cerita ke sahabat atau orang terdekat dan tanya pendapat mereka tentang diri kita

Nggak ada salahnya kok untuk cerita ke sahabat tentang diri kita. Dengan ini kamu bisa tahu bagaimana sosok dirimu di mata mereka. Selain itu, kamu juga harus siap menerima kritik dan saran mereka untuk membangun kepribadianmu yang lebih baik lagi.

 

Setiap orang pasti punya kekurangan dalam diri. Tinggal bagaimana Dream Warriors bisa memanfaatkan kekuatan dan percaya bahwa kita bisa menghadapinya demi mengejar mimpi kita.

 

TOP VIDEO
Kejar Mimpi | Ide bisnis startup yang menjanjikan
Pintar Mengatur Cashflow Demi Masa Depan
Mau coba Solo Traveling? Kenapa enggak!
Sudah Siap Meraih Mimpi Bersama Beasiswa #KejarMimpi CIMB Niaga 2019?